Home » » 7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein

7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein

contoh iklan

7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein – Kafein adalah salah satu kandungan zat di dalam pada kopi yang menimbulkan pro kontra tentang manfaat dan bahayanya. Sehingga muncul berbagai mitos dan fakta di masyarakat yang saling mendukung atau bahkan bertentangan seputar Kafein.

7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein

Agar anda tidak terjebak dalam satu pemikiran saja baik mitos maupun faktanya, mari kita ikuti ulasan berikut ini.

7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein.

1.    Kafein dapat menyebabkan ketergantungan

Mitos tentang kafein dapat menyebabkan ketergantungan memang terbukti benar karena faktanya : berhenti mengkonsumsi kopi secara tiba-tiba umumnya dapat menimbulkan gejala ketegantungan selama satu hari atau lebih.

Kondisi ini kemungkinan besar dapat terjadi jika seseorang mengkonsumsi kopi lebih dari satu gelas dalam sehari.

Gejala ketergantungan yang ditimbulkan saat berhenti konsumsi kafein adalah:
  • Sakit kepala
  • Mengalami kelelahan
  • Mengalami kegelisahan
  • Memiliki sifat cepat marah
  • Kondisi emosional seperti tertekan
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi

2.    Kafein dapat menyebabkan insomnia

Fakta: Konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur untuk mencegah terjadinya insomnia. Seseorang yang lebih sensitif dengan kafein, tidak hanya mengalami insomnia tetapi juga efek samping lain kafein seperti kegugupan dan gangguan gastrointestinal.

Kunjungi situs ini : https://upayasehatalami.blogspot.co.id/

3.    Kafein dapat meningkatkan resiko osteoporosis, gangguan jantung, dan kanker

Fakta: Menurut penelitian, kafein dapat meningkatkan tubuh kehilangan kalsium dan magnesium melalui urin. Namun, kondisi tersebut tidak dapat meningkatkan resiko osteoporosis terutama jika dapat mengimbangi dengan konsumsi cukup kalsium

4.    Gangguan jantung dan kafein

Pada penelitian terbaru, kafein tidak mempengaruhi kadar kolesterol, detak jantung, atau peningkatan resiko gangguan jantung. Jika sudah memiliki tekanan darah tinggi atau gangguan jantung, berkonsultasilah dengan dokter sebelum mengkonsumsi kafein.

5.    Kanker dan kafein

Tidak ada hubungan antara kafein yang dapat meningkatkan resiko kanker. Bahkan berdasarkan fakta kafein dapat memiliki efek pelindungan terhadap kanker jenis tertentu.

6.    Kafein dapat menyebabkan dehidrasi

Fakta: Kafein dapat menyebabkan sering buang air kecil atau diuretik ringan. Namun, menurut penelitian kondisi tersebut tidak menunjukkan kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

7.    Kafein tidak memiliki manfaat bagi kesehatan

Fakta: Kafein memiliki sedikit manfaat kesehatan, namun kafein memiliki banyak potensial manfaat. Kafein memiliki manfaat untuk meredakan sakit kepala dan asthma. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat menurunkan resiko terjadinya parkinson, gangguan hati, kanker usus, diabetes tipe 2, dan demensia (pikun).

Demikian pembahasan tentang  7 Mitos dan Fakta Tentang Kafein. Meskipun terlihat bertentangan namun pada kenyataannya, keduanya memang benar. Yang membuat bertentangan terletak pada dosis kopi yang dikonsumsi, apabila berlebihan memang akan menimbulkan 7 mitos tersebut namun jika kopi dikonsumsi sesuai takaran dan waktu yang tepat maka kafein terbukti bermanfaat bagi kesehatan kita.

Artikel Terkait :

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar