Home » » 10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui

contoh iklan

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui – Agar dapat memiliki energy yang cukup dalam tubuh kita diperlukan makanan dengan kadar Karbohidrat tinggi. Namun demikian, masih banyak masyarakat yang kurang mengetahui tentang karbohidrat sehingga menganggap semua makanan mengandung karbohidrat.

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui

Pada umumnya hanya Nasi, makanan yang dikenal mengandung karbohidrat, padahal masih banyak makanan lainnya yang memiliki kadar karbohidrat tinggi.Mengingat karbohidrat adalah nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan maka sebaiknya kita memahami jenis-jenis karbohidrat, manfaat karbohidrat  dan makanan yang mengandung karbohidrat.

Baca Juga : https://upayasehatalami.com

Jenis Karbohidrat

Pada umumnya,Karbohidrat dibagi menjadi dua golongan yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.

1.    Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana merupakan jenis karbohidrat  yang memiliki kualitas rendah karena memiliki kandungan gula yang tinggi namun sangat rendah nutrisi.Seperti terdapat pada makanan donat, humberger, mie instant dan kue kering.

2.    Karbohidrat Kompleks

Sedangkan Karbohidrat kompleks sering disebut sebagi jenis karbohidrat sehat karena mengandung tinggi serat dan rendah indeks glikemik. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks diantaranya, bijian dan kacang-kacangan termasuk beras merah, jagung dan gandum.

Kunjungi Juga : www.ayodolenrek.com

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Berikut ini adalah beberapa manfaat karbohidrat bagi tubuh kita.

1.    Sumber energi

Manfaat utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber energy bagi tubuh yang digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Dengan makan makanan mengandung karbohidrat tinggi maka kita mendapatkan sumber energy untuk melakukan berbagai kegiatan kita.

2.    Penggerak Metabolisme

Dengan memiliki karbohidrat cukup dalam tubuh kita akan menghasilkan energy guna proses metabolism yang optimal. Karena tanpa kalori dari karbohidrat maka metabolism tidak dapat bekerja dengan baik.

3.    Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Kandungan yang terdapat pada oatmeal, labu, ubi jalar, pisang, dan beras merah selain karbohidrat juga mengandung sejumlah besar tryptophan yang memiliki efek rileksasi pada tubuh sehingga dapat membantu anda mengatasi masalah tidur. Bahkan Oatmeal dapat membantu melatonin tubuh untuk memproduksi hormon yang mengatur tidur Anda

4.    Membantu Kinerja otak.

Dengan mencukupi kebutuhan karbohidrat akan membantu memberikan energy sehingga kinerja otak berjalan baik meskipun karbohidrat bukan nutrisi utama bagi otak.

Untuk membantu konsentrasi dan meningkatkan suasana hati sebaiknya mengkonsumsi makanan seperti sayuran, gandum, quinoa, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah dimana semuanya mengandung karbohidrat sehat.

Sedangkan kekurangan karbohidrat dalam tahap kronis akan dapat mengakibatkan pusing, sulit berkonsentrasi dan mudah tertekan.

Makanan Yang Mengandung Karbohidrat Kompleks

Mengingat manfaat dari karbohidrat maka berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks.

1. Oatmeal.

Oat atau Havermut memang satu family dengan gandum yaitu Serelia, namun keduanya berbeda. Oats atau haver merupakan biji-bijian, sementara gandum merupakan jenis rumput.  Jika Oat bisa dimakan langsung sementara gandum tidak bisa dimakan langsung dan harus diolah terlebih dahulu.

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari Oat yang mengandung karbohidrat sehat , serat tinggi dan menyediakan banyak nutrisi penting.

Baca Juga :

2. Beras merah.

Beras merah merupakani sumber karbohidrat sehat untuk menggantikan beras putih yang selama ini kita kenal mengandung kadar gula tinggi. Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki banyak keunggulan diantaranya memiliki serat lebih tinggi dan juga mineral seperti zat besi.

3. Kentang.

Bagi penderita Diabetes, Kentang adalah makanan yang harus dihindar karena mengandung kalori tinggi.Namun kandungan seratnya yang tinggi membuat kentang masih cukup aman jika dikonsumsi dalam jumlah cukup.  Agar mengurangi jumlah kalori di dalam kentang sebaiknya anda tidak menyajikannya dalam bentuk digoreng.

4. Lentil.

Nama Lentil memang cukup asing di telinga kita, namun makanan ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat baik, serat tinggi dan protein. Semua nutrisi tersebut sangat diperlukan oleh tubuh dalam membuat energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas. Kelebihan lainnya, karbohidrat di dalamnya juga lambat diserap oleh tubuh sehingga akan membuat anda kenyang lebih lama.

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui


5. Jagung.

Makanan mengandung karbohidrat tinggi lainnya adalah Jagung, nama yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia terutama bagi orang Madura. Tanaman Jagung adalah sumber karbohidrat berkualitas tinggi dengan indeks glikemik yang rendah. Sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang membutuhkan makanan rendah gula tetapi tinggi serat. Disamping itu, Jagung juga menyediakan nutrisi lain termasuk kalium yang berguna mengontrol tekanan darah.

6. Pisang.

Makanan dengan karbohidrat tinggi dalam bentuk buah-buahan adalah Pisang, buah dengan kandungan serat tinggi. Selain itu, Pisang juga mengandung banyak nutrisi penting seperti kalium, kalsium, vitamin B6 dan Vitamin C. Kandungan vitamin B6 yang terkandung dalam buah pisang berperan penting dalam meningkatkan fungsi sistem saraf, sekaligus memperkuat sistem imun tubuh dalam melawan infeksi.

7. Quinoa.

Quinoa merupakan makanan yang mengandung serat tinggi hampir sama dengan brokoli. Quinoa juga memiliki kadar protein sangat tinggi sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian anda.

10 Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui

Quinoa juga mengandung banyak mineral penting yang dibutuhkan tubuh setiap hari seperti magnesium dan zat besi. Sehingga Quinoa merupakan sumber karbohidrat sempurna untuk mengisi tenaga anda.

8. Ubi jalar.

Ubi jalar atau ketela atau “telo” adalah makanan yang popular di Indonesia dan merupakan makanan yang mengandung serat tinggi.sehingga secara alami dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Ubi jalar juga mengandung betakaroten yang sangat baik untuk kesehatan mata.

9. Alpukat.

Selain pisang, Alpukat adalah buah yang mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi. Walau kandungan kalori dinggap merugikan tetapi nutrisi ini sangat dibutuhkan tubuh dalam membuat energi, tetapi dalam jumlah yang tidak berlebih.


10. Kedelai.

Olahan makanan berbahan kedelai seperti tempe, tahu dan susu kedelai adalah makanan yang popular bagi masyarakat Indonesia sehingga Kedelai bisa dijadikan pilihan makanan yang sehat karena sangat rendah lemak dan tinggi protein nabati. Di dalam 100 gram kedelai mengandung sekitar 30 gram karbohidrat dan 277 mg kalsium.


Makanan karbohidrat sederhana


Agar lebih mengenal Karbohidrat lebih mendalam, maka berikut ini adalah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana.

1.    Kue kering.

Salah satu contoh makanan yang mengandung karbohidrat dengan kualitas rendah adalah kue kering. Penambahan gula pada kue kering membuat kandungan kalorinya menjadi sangat tinggi sehingga bagi anda yang ingin mengontrol berat badan sebaiknya kurangi makanan seperti ini.

2. Permen.

Meskipun tidak mengenyangkan, permen atau gula-gula adalah salah satu contoh makanan yang megandung karbohidrat sederhana karena memiliki kadar gula tinggi tetapi tidak menyediakan serat.

3. Mie instan.

Makanan dengan kandungan karbohidrat sederhana namun banyak di konsumsi masyarakat terutama anak kost adalah Mie instan karena cara pengolahannya yang cukup mudah dan harganya yang murah.  Meskipun mendapat predikat buruk berkat beberapa zat merugikan yang terdapat di dalamnya seperti MSG namun makanan ini cukup digemari.

4. Kue donat.

Kue Donat adalah salah satu makanan olahan yang  mengandung karbohidrat sederhana sehingga bagi penderita diabetes harus menjaga asupan makanan mereka termasuk menjauhi segala macam karbohidrat olahan seperti donat.

Kesimpulan


Demikian pembahasan tentang  Makanan Karbohidrat Tinggi Yang Wajib Kita Ketahui. Dengan mengetahuinya maka kita dapat memilih makanan mana yang sebaiknya kita konsumsi setiap hari dan mana yang harus kita hindari.

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar